Harga Mesin Pengaduk Dodol Sederhana

Harga Mesin Pengaduk Dodol Sederhana

Mesin pemasak dodol murah, mesin pengaduk adonan Harga Mesin Pengaduk Dodol Sederhana, mesin pengaduk dodol bekas, mesin dodol canggih, mesin pengaduk dodol surabaya, harga mesin pengaduk dodol maksindo, alat pengaduk dodol tradisional, jual mesin dodol bekas, alat pengaduk dodol otomatis.

Dodol ialah panganan manis dari Indonesia pula Malaysia. Proses pembuatan dodol berkualitas tinggi membutuhkan waktu yang lama serta memerlukan ketrampilan spesial. Bahan penting membuat dodol ialah santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, serta garam. Bahan penambahan pada dodol memastikan perasaan. Dodol dari durian dimaksud dodol durian, dodol dari sirsak dimaksud dodol sirsak, dodol dari nangka dimaksud dodol nangka, dodol dari jahe dimaksud dodol jahe. Dodol ciri khas Garut dimaksud dodol Garut. Dodol ciri khas Kandangan, Kalimantan Selatan dimaksud dodol Kandangan. Dodol durian pula dimaksud lempok. Jika cuma dimaksud dodol saja, jadi dodol itu cuma dibikin dari tepung ketan, gula merah, serta santan.

Di Jawa Tengah serta Jawa Timur, dodol dimaksud jenang. Jenang lebih lembek dibanding dodol, lebih basah berminyak, serta biasanya di jual berbentuk lempengan atau plastikan. Jenang iris sesuai dengan keinginan konsumen. Dodol lebih kering (kesat), dipotong dengan ukuran 2 cm×1 cm×3 cm. Pembungkus dodol berbentuk plastik atau kertas roti, serta di jual dalam jumlahnya besar di kardus. Sekarang ini dodol mulai disukai customer dari negara lainnya, diantaranya Belanda, Brunei Darussalam, Singapura, serta Malaysia. 


1. Mesin Pemasak Dodol


mesin pemasak dodol




Fungsi : memasak serta mengaduk dodol dapat juga untuk selai, bubur,pasta, dll

Spesifikasi
Tipe                             :  KM -5 D
Dimensi                       : 500x400x700 mm
Material Body             : Mild Steel
Material Tabung          : Stainless steel
Material Pengaduk      : As StainlessSteel dan Plat Stainless Steel, Kayu
Pengerak                     :Elektromotor 1/ 2 HP
Kapasitas                     : 4-5  kg/ proses
Pemanas                      : LPG

Tipe                             :  KM -10D
Dimensi                       : 600x500x900 mm
Material Body             : Mild Steel
Material
Tabung           : Stainless steel / Alumunium
Material Pengaduk      : As StainlessSteel dan Plat Stainless Steel, Kayu
Pengerak                     : Elektromotor
1 HP
Kapasitas                     :
8-10  kg/ proses
Pemanas                      : LPG

Tipe                             :  KM -20D
Dimensi                       : 600x500x900 mm
Material Body             : Mild Steel
Material Tabung          : Stainless steel
Material Pengaduk      : As StainlessSteel dan Plat Stainless Steel, Kayu
Pengerak                     :Elektromotor 1
,5 HP
Kapasitas                     :
20-25  kg/ proses
Pemanas                      : LPG


 2. Mesin Pencetak Dodol

Spesifikasi alat pencetak dodol

Dimensi : 50 x 50 x 80 cm
Material rangka : Siku Besi
Material body : Plat Besi atau Stainless Steel
Material pisau : Stainless Steel
Penggerak : Manual
Kapasitas : 2 – 4 Lembar/menit




_____________________________________________________________________________

Jenis Dodol Yang Sangat Populer :

1. Dodol Garut

Dodol Garut ialah camilan keunikan Sunda dari kota Garut, Jawa Barat. Ada banyak tipe dodol Garut diantaranya dodol wijen, dodol kacang, berbagai dodol buah seperti dodol nanas, dodol nangka, dodol tomat, dodol durian dan buah-buahan yang lainnya, chocodot (cokelat isi dodol pertama di dunia), dodol piknik yang dimaksud dodol begitu populer dan jadi diantaranya lambang kota Garut serta terdapat beberapa tipe dodol yang lainnya. Dodol ini termasuk makanan camilan yang rasanya manis dan lezat. Ada banyak sekali beberapa toko atau warung-warung yang menyiapkan dodol jadi barang dagangannya. Di saat jalan kota Garut banyak penjual yang jual dodol Garut, penting di jalan-jalan yang buat jadi jadi pintu gerbang ke arah ke daerah yang lain di sekitar kota Garut. Harga Mesin Pengaduk Dodol Sederhana

Sebagian orang yang menyukai pada dodol Garut ini sebab rasanya yang keunikan yang membedakannya dengan dodol-dodol seperti dari daerah yang lainnya di Indonesia.

2. Dodol Durian / Lempok Durian

Dodol Durian di beberapa daerah banyak penyebutannya seperti lempok durian tebing tinggi. lempok durian pontianak, lempok durian palembang, lempok durian lampung, lempok durian banjarmasin lempok durian kota pontianak kalimantan barat, lempok durian riau, lempok durian nias, lempok durian jambi, lempok durian samarinda. lempok durian semakin banyak dibikin di daerah luar jawa sebab stock durian yang melimpah dengan perkebunan durian yang dapat dibikin selama musim dengan hampir 90% terbuat dari durian asli.

3. Dodol Sirsak

Dodol sirsak lebih pada peningkatan perasaan dari dodol biasa atau dodol original. Dodol sirsak dibikin sebab mempunyai banyak faedah seperti memperlancar buang air kecil, menurunkan sakit kepala samping, mecegah anemia, serta mengawasi kesehatan tulang. karena berikut dodol sirsak dimaksud dodol kesehatan.

4. Dodol Betawi

Dodol betawi adalah tipe dodol keunikan suku Betawi. Dodol betawi berwarna hitam kecoklatan dengan jenis perasaan perasaan yang lebih sedikit dibandingkan dodol dari daerah yang lain. Perasaan dodol betawi hanya terdiri dari ketan putih, ketan hitam dan durian. Proses pembuatan dodol betawi demikian susah. Bahan baku pembuatan yang terdiri dari ketan, gula merah, gula pasir dan santan harus dibikin di atas tungku dengan kayu bakar kayu waktu 8 jam. Dodol betawi umumnya dibikin jadi penganan istimewa untuk pesta, bulan Ramadan, Idul Fitri atau Idul Adha. Penting menjelang hari raya, dodol betawi laris terjual. Sebab proses membuat yang susah, hanya sedikit sebagian orang yang ahli membuat dodol betawi. Terdapat beberapa daerah di Jakarta dan sekelilingnya yang masih membuahkan dodol betawi, penting di komunitas-komunitas penduduk Betawi, seperti di Condet, Jakarta Timur, Bogor dan Bekasi. Bukan sekedar penduduk Betawi, dodol betawi pula dibikin oleh komune Tionghoa,Harga Mesin Pengaduk Dodol Sederhana

5. Dodol Kandangan

Kandangan, Dodol Kandangan adalah kuliner ciri khas serta lezat dari Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Selama jalan provinsi yang melalui kota Kandangan serta sekelilingnya akan didapati banyak Papan Nama atau Banner di kios, warung atau rumah makan yang tawarkan kuliner Dodol Asli Kandangan sekaligus juga nama entrepreneur yang memproduksinya, Mesin Pengaduk Dodol Tebing Tinggi Sumatera Utara.

rahasia kelezatan dan kekhasan dodol asli kandangan tidak terlepas memiliki bahan alami yang digunakan seperti kelapa, ketan, gula aren atau merah dan gula pasir, untuk bahan buah kelapa pun tidak dapat begitu tua agar didapat makin banyak santannya.

6. Dodol Apel Malang / Jenang Apel

Semula dibuatnya dodol apel ialah melipahnya apel dari malang serta batu semenjak program pembibitan masal pada zaman belanda. diluar itu dodol atau jenang apel malang jadi variasi oleh-oleh ciri khas malang tidak hanya sari buah apel serta keripik buah apel yang lebih dulu populer. dodol apel mempunyai perasaan yang ciri khas apel serta mempunyai kekhasan sendiri.

7. Dodol Nangka

Dodo Nangka mempunyai perasaan ciri khas berbentuk nangka masak. mengapa mesti nagka masak, jika nangka muda tidak pas serta cocoknya untuk dibikin gudeg. karena itu buat yang akan membuat dodol nangka semestinya lihat dahulu nangkanya. Dodol nangka saat ini semakin banyak di produksi di daerah bali.

8. Dodol Bali

Dodol Bali mempunyai paket unik yang terbuat dari klobot jagung kering. penampilan ciri khas berikut terkadang yang dicari oleh wisatawan luar yang akan dibeli untuk oleh-oleh sanak keluarga di rumah. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk bikin dodol bali terbagi dalam santan kelapa, tepung beras, gula pasir, gula merah, serta garam serta daerah yang sangat populer dibali yang populer enak dodol balinya ialah bikinan desa Penglatan, Singaraja, Buleleng.

9. Dodol Susu

Pada dasarnya, dodolsusu merupakan makanan semi-basah yang terbuat dari tepung beras ketan, santan kelapa, dengan gula dan ada pula ditambahkan bahan menambahkan makanan yang lain yang diijinkan. Tentang dodol susu, dia terbuat dibandingkan dodol umumnya, tetapi ditambah susu cair untuk tingkatkan perasaan. Hal ini digunakan untuk menggunakan kelebihan produksi susu. Dodol susu adalah pangan keunikan dari Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Di Bandung, di kenali dodol susu sudah dibikin sejak tahun 70-an. Dari sana, gula ditambah kembali banyaknya yang cukup banyak untuk mengawetkan dodol susu ini.

Mesin Pengaduk Dodol Tebing Tinggi Sumatera Utara, Tengah, di Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, produksi dodol susu di desa ini sudah dimulai semenjak 2010, waktu erupsi Gunung Merapi yang sudah sempat mengakibatkan kerusakan perekonomian masyarakat di tempat itu. Susu sengaja diambil orang kampung jadi bahan penting sebab bukan sekedar mudah didapatkan, serta berharap dodol susu bisa jadi diantaranya produk oleh-oleh keunikan Boyolali sebab kabupaten itu sudah didapati dengan panggilan Kota Susu. Walaupun mereka mengakui, Kabupaten Boyolali bukan daerah yang pertama-tama membuahkan dodol susu. Produk sama telah dibikin di daerah yang lain. tidak hanya boyolali pembuat dodol susu yang mulai populer ialah didaerah pangalengan, lembang, garut, serta bandung di mana budidaya sapi susu banyak diternakan, 
Tebing Tinggi Sumatera Utara.

10. Dodol Jahe

Dodol ialah diantaranya makanan cirikhas dari Lombok Nusa Tengara Barat. Usaha dodol memang tidak dapat dilepaskan dari Lombok sebab sebagian besar masyarakat memiliki industri dodol. Ini ialah diantaranya kelebihan Dodol Jahe Lombok, bukan sekedar perasaan yang enak tiada pemanis bikinan selain itu pula awet sampai 1 bulan dan uniknya dodol ini tiada bahan pengawet. Untuk mengawetkannya masyarakat penglatan melakukannya lewat cara tradisional yaitu dengan cara dijemur. Dodol ini betul-betul begitu unik semakin sering di jemur perasaan yang di hasilkan semakin enak dan gurih.  

Cara Membuat Dodol Jagung

Bahan-bahan :

  •     9 bh Jagung Tua
  •     1 bh Kelapa parut/1 lter Santan
  •     50 gr Gula Pasir
  •     150 gr Gula Merah
  •     2 lbr daun Pandan simpulkan
  •     Sedikit garam

Langkah membuat

  •  Kupas Jagung dari kulitnya, buang rambut jagung kemudian cuci bersih dan tiriskan. Parut lalu ayak.
  •  Aduk rata dulu semua bahan hingga rata jangan ada yang bergerindil. Lalu masak bahan dengan api kecil sambil diaduk² hingga rata dan air menyusut. Atau ambil sebagian santan, larutkan tepung jagungnya, sisihkan. Lalu Rebus sisa santan sambil diaduk² agar tidak pecah sampai mendidih, kemudian masukan larutan santan dan jagungnya. Masak sambil diaduk².
  • Tunggu kandungan airnya semakin menyusut dan semakin kalis dan adukan makin berat. Angkat.
 Bukan sekedar seni serta budaya, kuliner di Indonesia sangat bermacam. Setiap wilayah bahkan juga mempunyai panganan tradisionalnya sendiri. Jakarta mempunyai dodol Betawi yang familiar dirasa lidah warga ibu kota. Namanya, dodol ’Nyak Mai’.

Harga Mesin Pengaduk Dodol Sederhana

PADA satu rumah simpel di Gang Kramat Bambu, RT 12/8, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan., ada industri rumah tangga (IRT) yang bertahan membuat dodol Betawi lewat cara tradisionil.

Langkah membuat dodol ’Mak Nyai’ masih dikerjakan lewat cara usang, yang dilanjutkan dengan turun-temurun. Waktu INDOPOS, lihat langsung cara membuat dodol Betawi ini, sang pemilik, Syamsudin sedang enjoy sekalian memperhatikan dodol yang diaduk diatas tungku.

Bara api menyala memasak dodol itu. Saat berdiri di samping tungku, udara panas langsung rasanya. Membuat keringat bercucuran membasahi pakaian. Syamsudin memberikan tambahan, ’Nyak Mai’ ialah panggilan sang ibu. Dianya adalah putra bungsu dari 10 bersaudara.

Pria 47 tahun itu menerangkan, proses pengerjaan dodol keunikan ’Mak Nyai’. Ada tiga bahan basic, yang dipakai, yaitu santan kelapa, tepung ketan serta gula merah. Ke-3 bahan makanan itu digabung lalu diaduk sampai masak sepanjang seputar 7-8 jam. Alat mengaduknya, terbuat dari kayu aren. Kualinya dimaksud kenceng tembaga. Bahan bakarnya kayu rambutan, serta ranting-ranting kering.

”Kalau bahan bakar, kayu, ranting kering kita mencari sendiri, atau paling bisa dari informasi tetangga saja. Tidak hanya dari itu, kita beli serta mencari di luar. Ada pula orang yang nganterin kerumah langsung,” tuturnya sekalian selalu memperhatikan pegawainya mengaduk-ngaduk dodol di kenceng tembaga memiliki ukuran besar, Rabu (10/4/2019) siang.

Ia meneruskan, dalam membuat dodol ini kita punyai ukuran semasing. Untuk bikin formasi juga tidak sembarangan. ”Dicicipi dahulu untuk cari cita rasa yang ciri khas, cocok serta lezat,” tutur pria kenakan kaos biru berkerah itu.

Untuk cari cita rasa yang ciri khas, butuh dikerjakan eksperimen berulang-kali. Pertama-tama membuat dodol, diakuinya rasa-rasanya tidak enak. Untuk yang ke-2 telah cocok, tetapi tidak awet. Formasnyai juga sangat terpaksa beralih . Berulang-kali mengulang-ulang, pada akhirnya memperoleh rasa serta cita rasa yang diharapkan. ”Nggak satu tahun, atau dua tahun untuk memperoleh cita rasa yang mempunyai ciri khas tertentu,” terangnya
Tebing Tinggi Sumatera Utara.

Menurut dia, sang ibu dulu orang membuat dodol dengan beras. Sebab, jika membuat dodol gunakan beras itu bertambah cepat, tiga hari juga keras. Tetapi, bukan itu yang dicari. ”Tetapi bagimana triknya supaya kita membuat dodol bisa dirasa empuk serta awet. Rasa-rasanya enak saat digigit. Berasa ’nyes’ di lidah,” katanya.

Umumnya, membuat dodol Betawi dikerjain semenjak jam 05.30 WIB. Awal dibuat gula merah dahulu lalu digabung dengan adonan. Tepung ketan sama santan kelapa dibejeg serta digabung jadi adonan, lalu digabung di kenceng tembaga. Kemudian, digabung gula cair serta atau gula putih seperlunya. ”Kalau gula putih sebatas penguat rasa,” kata Bang Syamsudin enjoy.

Tetapi sebelum masuk dalam kenceng, adonan disaring terlebih dulu. Harus lewat penyaringan. Karena, di lain tempat langkah membuat dodol ada triknya semasing.

Untuk pendinginannya habiskan waktu sepanjang 3 jam. Lalu digulung serta diciptakan. Itu proses seterusnya, sesudah diaduk sampai masak, warnanya kecokelatan lalu diangkat. Setelah itu didinginkan. Baru dikemas.
Syamsudin tidak sendirian dalam mengeduk dodol. Ia dibantu empat orang Sebab tidak hanya diaduk, dodol harus juga dibanting-banting. ”Prosesnya memang semacam itu, semasing punyai langkah,” tuturnya.

Untuk paket dikerjakan dengan beberapa jenis ukuran. Ada yang timbangan untuk hajat yang ukurannya 3 kg (kg), 2 kg. Lalu untuk di jual di sini ukuran 2 ons. Harga nya juga bermacam. Ada yang di jual Rp 15 ribu per bungkus, Rp 85 ribu per satu kg. ”Kalau Betawi kan hantarannya umumnya dodol, geplak, wajik, uli,” jelasnya.

Pengerjaan dodol betawi ini telah berjalan 25 tahun. Dikerjakan dengan turun-temurun dari orang-tua ke anak. ”Zaman dahulu kan buat dodol hanya buat makan. Pesan, bekasnya banyak. Tetapi dodol ’Nyak Mai’ beda, rasa-rasanya juga orisinal. Tidak ada rasa lain,” papar ia.

Dahulu membuat dodol ada yang gunakan teflon, jika gunakan teflon 3 jam saja telah masak. Beda yang dengan gunakan kenceng. ”Jika telah jadi, masak, dari rasa saja beda,” akunya.

Bila ada yang ingin pesan dodol duren, menurut dia, pemesannya harus lebih dari 5 kg. Serta berbahan gunakan durian benar, bukan gunakan perasa. ”Duren langsung, harga nya beda,” katanya tidak merinci lebih jauh.

Pemasaran dodol ’Nyak Mai’, masih di seputar daerah Jabodetabek saja. ”Kita masukin di warung rumah makan betawi, minimarket. Kita jualan di kekuatan kuliner Setu Babakan, Zone A,” katanya.

Ia memberikan tambahan, bila ada yang ingin dibawa jadi oleh-oleh dapat didapat di Setu Babakan. Bahkan juga sering, masyarakat negara internasional, seperti Belanda, Malaysia, Australia, serta Arab Saudi, beli dodol ’Mak Nyai’ jadi oleh-oleh setelah bertandang ke ibu kota. Mendekati, pusasa ini, Syamsudin akui kebanjiran pesanan membuat dodol betawi. Bahkan juga sampai memakai 4 kenceng sekali masak
Tebing Tinggi Sumatera Utara.

Tidak hanya berjualan, ’Mak Nyai’ memberi edukasi langkah membuat dodol Betawi pada beberapa anak sekolah sampai warga umum. Bahkan juga diakuinya sempat dikunjungi masyarakat negara dari Afrika serta Belanda untuk lihat langsung proses pengerjaan dodol. ”Sampai perkumpulan ibu-ibu hadir kesini. Sempat dikunjungi ibu-ibu dari Kedutaan Besar. Ada yang dari Afrika, serta Belanda. Jangan pernah beberapa anak Jakarta tidak tahu dodol,” papar bapak anak dua ini.

Menurut Syamsudin, masyarakat harus tahu kue asli Indonesia, ditambah lagi ini kue asli Jakarta. ”Orang Jakarte harus tahu dodol betawi ’Nyak Mai’,” katanya sambil tersenyum

1 Response to "Harga Mesin Pengaduk Dodol Sederhana"

  1. Tanya Veronika Asisten Veronika adalah layanan digital berbasis chatting untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengecek sisa kuota Internet, pembelian pulsa, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, hingga pembelian paket atau mengakses informasi sesuai kebutuhan pelanggan, baik tentang produk dan juga layanan Telkomsel. Selengkapnya: Tanya Veronika Asisten Virtual.
    -
    Porangbali.id adalah situs web Petani Porang Bali, Komunitas Perkumpulan Petani Porang Bali. Info Budidaya Porang, Harga & Jual Bibit Porang di Bali.
    -
    Dapatkan Info Harga Toyota Medan terbaru dan Promo Toyota Medan terbaik, serta layanan pembelian mobil Toyota Medan secara online maupun offline di Toyota Perintis Medan. Proses pembelian mobil Toyota idaman Anda akan dilayani oleh Sales Toyota Medan terbaik, ramah, berpengalaman dan profesional dalam melayani setiap pelanggan Toyota Medan dan sekitarnya.
    -
    Banyumas Dewata Wood and Furniture Shopping in Bali, Jual Furniture di Bali.
    -
    SEOTren adalah SEO agency Indonesia, SEO specialist, melayani jasa SEO murah, jasa SEO terbaik, jasa SEO handal dan profesional, basis operasional di Denpasar, Bali. Jasa SEO bulanan bergaransi ranking website di halaman #1 Google, mendukung situs web bisnis Anda agar terhubung dengan pelanggan potensial secara organic keyword melalui mesin pencari Google.
    -
    Ebadi Indonesia Adalah digital marketing agency Bali dan creative design, basis operasional di kota Denpasar, Bali, Indonesia. Merupakan brand bisnis layanan digital yang akan terus tumbuh dan berkembang bersama bisnis Anda di era digital. Mendukung brand bisnis Anda grow bersama Ebadi, menjangkau pelanggan potensial lebih luas, meningkatkan efektifitas dan efisiensi biaya promosi. Kami menghadirkan fleksibilitas dan kemampuan dalam menciptakan good persepsi terhadap bisnis Anda serta meningkatkan brand awareness. Mulai dengan Ebadi!

    ReplyDelete